Belajar Ngeblog

Belajar bersama membuat blog

Blogspot Page Element

Bagi yang baru membuat blog (seperti aku) mungkin merasa takjub dan terpesona ketika mengunjungi blog lain yang mempunyai begitu banyak element pada blognya. Begitu banyaknya sampai aku sering bingung, apa fungsi dari setiap element ini ? dan bagaimana cara membuatnya.

Dengan sedikit keberanian dan kenekatan aku coba melihat-lihat page element di blog ini, dan mencoba untuk memahami fungsi dan kegunaan masing-masing element tersebut, serta cara membuatnya tentunya. Nyoba yok …

Mengenal Page Element di Blogspot

Bagi yang belum tahu cara untuk melihat page element ini begini caranya : Jika kamu berada pada layar Dashboard cari Link yang bertuliskan Layaout. Lalu kita akan dibawa menuju layar Template, layar Template ini mempunyai beberapa Tab yaitu : Page Elements, Fonts and Colors, Edit HTML, Pick New Template.

Masing-masing tab ini mempuyai fungsi yang berbeda, mungkin kita bisa membahasnya nanti. Yang akan kita bahas sekaran adalah Page Elements. Begini kira-kira tampilan dari tab Page element, jangan bingung, marah, kecewa, atau sedih jika tidak sama. Ini berarti Template yang kita pakai berbeda, dan itu tidak menjadi masalah.

Untuk melihat apa saja page element yang bisa kita tambahkan pada blog, klik pada link Add a Page Element, lalu akan muncul jendela baru yang menampilkan menu untuk memilih element yang akan ditambahkan.

Sebelum menambahkan kita coba dulu memahami apa maksud dan tujuan dari setiap element ini, mari kita bahas bersama.

Newsreel (New!) element ini berfungsi untuk menampilkan Headlines berita-berita terbaru dari Google pada blog kita. Bagus juga untuk menambah pengetahuan bagi pengunjung yang tertarik dengan berita-berita dari Om Google. Dan tentunya harus sesuai dengan tema dari blog yang kita buat.

List – element ini untuk membuat daftar pada blog, terserah mau buat daftar apa. Daftar belanja, daftar mantan, daftar buku, daftar film, daftar hadir, daftar website. Yang penting bermanfaat.

Picture – element ini untuk menambahkan gambar pada blog, namun tidak sama seperti ketika kita menambahkan gambar pada artikel. Gambar yang dimasukkan lewat element ini akan selalu terlihat, jika menambahkan gambar pada artikel hanya akan terlihat jika ada yang melihat artikel tersebut. Bagus juga nih buat nampanging photo-photo pribadi (jika anda cukup pede).

HTML/JavaScript – element ini banyak sekali gunanya, karena element ini sifatnya cukup flexibel. Kita bisa menggunakannya untuk berbagai hal, seperti menampilkan banner, menempatkan utility atau tools-tools (contoh: tools untuk melakukan pencarian di Google). Element ini penting untuk dipelajari lebih jauh.

Feed – jika kamu atau kita berlangganan feed pada suatu situs atau blog lain, kita bisa menampilkannya di blog kita menggunakan element ini. Apa itu Feed ? sementara ini cari sendiri dulu, ntar kalo aku sudah mengerti, atau kalau kamu lebih mengerti bisa dijelaskan di blog ini, itung-itung amal.

Logo – element ini untuk menampilkan logo Blogger, kita bisa memilih mana yang disuka. Bagus juga nih untuk ngerame’in blog. Juga untuk mempercantik blog, dan untuk memperindah blog. (kayak anak kecil nih ngomongnya).

Blog Archive – element ini untuk menampilkan semua artikel yang pernah kita buat. Ini berguna untuk memudahkan pengunjung melihat semua artikel yang ada. Jika artikel di blog sudah cukup banyak, mungkin ada baiknya kita menggunakan element ini.

Video Bar (New !) – element ini untuk menampilkan video clip dari YouTube, apa itu YouTube ? banyak blog yang lebih berkompeten menjelaskannya. Bagus nih bagi yang hobi nonton klip, biar blognya bisa klap-klip.

Link List – element ini untuk menampilkan link-link dari blog atau website lain, jika kamu punya temen, sodara, tetangga, sanak-keluarga yang ngeblog juga, bisa saling tukar link pake element ini. Biar pengunjung yang lewat bisa tahu kalo kamu punya banyak tetangga.

Text – element ini untuk menambahkan beberapa patah kata yang sudah kamu patahkan sebelumnya. Bisa kata-kata mutiara, intan, atau berlian. Sebaiknya jangan kata makian, nggak enak diliat orang.

Adsense – element ini untuk menampilkan iklan-iklan dari adsense, itu jika kamu sudah punya account adsense tentunya. Kamu bisa menambahkan element ini jika ingin mencari penghasilan dari blog, jika tidak juga tidak jadi masalah, suka-sukalah.

Labels – eleement ini punya peranan yang cukup penting, labels bisa juga diartikan sebagai kategori dari artikel yang kita buat. Ini untuk memudahkan kita pada khususnya, dan pengunjung pada umumnya. Dengan mengelompokkan artikel menggunakan kategori, pengunjung jadi bisa memilih sesuai dengan bidang yang diminati.

Profile – element ini untuk menampilkan profil dari si pembuat blog. Aku belum berani membuatnya karena aku orangnya Low Profile. Jika kamu atau kalian mempunyai profile yang cukup tinggi, manfaatkan element ini.

Page Header – element ini untuk menampilkan Judul dan desciption blog. Secara default element ini sudah ditambahkan, jadi tidak ada yang bisa kita perbuat terhadapnya.

Sumber : http://belajar-yok.blogspot.com/search/label/Tutorial%20Blogsot

Oktober 17, 2008 - Posted by | Blogspot | , ,

1 Komentar »

  1. saya ada problem sedikit dalam page element… problemnyer.. “add a page element hilang”..macam mana nak adakan balik “add a page element”.. kalau anda ada jawapan untuk persoalan saya.. hantarkan pada emeil saya.. nadira_nad88@yahoo.com

    Komentar oleh nad88 | Juli 17, 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: