Belajar Ngeblog

Belajar bersama membuat blog

Automatic Upgrade Plugin

Kalau ada yang ga puas sama Upgrade WordPress yang biasa-biasa aja n ribet banget mesti upload2 file segala, coba deh Plugin yang satu ini WordPress Automatic Upgrade (WPAU) atau download dari halaman referensi plugin di WordPress.org

Setelah WPAU di donlot dan di ekstrak, kemudian upload foldernya ke wp-content/plugins/ di server hostingan. Masuk admin panel, kemudian aktifkan dari menu Plugins >> Plugins Manager.

Anda dapat menemukan satu submenu baru di bagian atas, yaitu “Automatic Upgrade” judulnya.

submenu

Aku mencoba beberapa kali WPAU ini di blog WP versi yang berbeda-beda, ada yang setelah Aktifasi, di halaman Manage >>Automatic Upgrade ada 2 pilihan , yaitu: (1) Automated Version, (2) Dengan Step2 –> aku menyarankan agar di pilih proses (2) Dengan Step2, yaitu langsung meng-klik tulisan “Click Here” seperti di gambar.

automated-version

Alasannya, pilihan (1) Automated Version, lebih cepat dan sangat instant, namun sering gagal dibagian Database Upgrade, sehingga kita harus mengulangi prosesnya dengan lebih dahulu “clear” proses sebelumnya (ada pilihan ini).

Jangan khawatir, pilihan (2) masih sangat mudah dan cepat kog ;)

Agar Plugin ini dapat mengakses server hosting anda, isikan data login ke FTP server, pada kolom-kolom ini.

server-hosting

dimana FTP Username dan FTP Password adalah nama login dan pasword anda ke Cpanel, sedangkan FTP Base Directory adalah lokasi blog anda di server, jika anda memiliki blog yang berada di subdomain atau subdirektori, maka pathnya harus lengkap dengan nama subdirektoriny. contoh : public_html/blog/. FTP Host diisikan dengan nama domain anda dengan awalan ftp.

Dowload dahulu database yang telah dibackup oleh WPAU dengan meng-klik link biru dihalaman itu buat jaga-jaga dan simpan di harddisk.

wpau

WPAU kemudian akan memberikan status sementara Maintenance Mode untuk blog anda, sehingga jika saat itu ada yang mengakses blog anda yang terlihat seperti ini.

maintenance-mode

Step selanjutnya, adalah menonaktifkan semua Plugins yang anda instal, jangan khawatir bakal capek, karena WPAU yang mengerjakannya. Anda hanya perlu klik-klik Next Task saja.

instal

Selanjutnya, step Upgrade-nya .. anda hanya perlu menunggu, WPAU yang mengerjakan (btw, ini plugin apa pembantu dirumah yah D )

step-upgrade

Next, WPAU akan mengakifkan kembali semua Plugins yang anda pernah instal, jangan lupa klik “CLICK HERE” untuk ke tahap selanjutnya.

click-here

Di halaman berikutnya, ada arsip log tentang proses upgrade tadi, dan JIKA proses tidak berhasil di blog anda, anda dapat mengunduh Files Backup dan database Backup di link yang disediakan dan mengulangi Proses ini kembali sesuai petunjuknya. Atau anda dapat merujuk ke situs pemilik plugin WPAU.

database-backup

Sumber : Belajar WordPress

Desember 14, 2008 - Posted by | Belajar Wordpress | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: