Belajar Ngeblog

Belajar bersama membuat blog

Bagaimana Menulis Meta Description

Meta description bukan hal ajaib yang akan menempatkan web kita di puncak search engine. Tetapi, jika anda sudah pernah perkataan konsultan SEO bahwa  meta description tidak berarti untuk mesin pencari, kini waktunya untuk mempertimbangkan lagi. Bila mereka berkata bahwa Google dengan sepenuhnya mengabaikan etiket itu. Hal tersebut tidak seluruhnya benar.

Jika anda memahami bagaimana caranya menulis halaman judul berarti anda telah mengetahui bagaimana caranya menulis diskripsi halaman. Diskripsi halaman adalah bagian pertama yang kita berbicara tentang “Page Meta Title” artikel.

Kadang-kadang mesin pencari itu tidak menampilkan meta description di dalam  halamannya, hanya suatu potongan dari isi halaman. Sebagai contoh, ketika Anda melihat di dalam gambar di bawah, ketika anda mencari-cari “public relations” di Google.com anda menemukan Wikipedia di posisi yang pertama, tetapi tidak ditampilkan meta description.

Ini disebabkan karena mesin pencari yang cerdas mengenali isi dari halaman, jadi yang dimunculkan hanyalah terminologi yang paling relevan untuk suatu pencarian yang spesifik.

Tetapi jika mesin pencari menunjukkan meta description di dalam  pencariannya, maka kita harus menulis deskripsi yang baik pada meta description. Suatu uraian yang baik bisa memberikan rangking yang baik untuk web kita dalam mesin pencari .

Google hanya mengindeks 156 karakter, maka menulis suatu meta description yang sangat panjang sangat tidak bermakna. Seperti halnya judul halaman lebih panjang dari 67 karakter, suatu uraian yang panjang akan dipotong di dalam pencarian.

Bagaimana seharusnya kita menulis meta description? Mungkin ini bisa menjadi acuan : tulis secara alami, dibiarkan teks mengalirkan dengan lembut dan tulisan kita dimengerti oleh pembaca. Yang paling penting, meringkas isi dari halaman untuk pengunjung, sehingga mereka mengetahui persis apa yangakan  mereka dapat ketika mereka menekan link yang menuju ke web kita.

Penempatan yang benar dari meta description di dalam bagian <head> pada kode HTML, setelah judul halaman <tittle> dan sebelumnya </head>:

<- meta name=”description” content=”156 karakter dengan menggunakan kata kunci yang utama dan meyakinkan mesin pencari bahwa situs web kita layak dikunjungi.” />

Ingat:

* Meta Description spesifik untuk tiap halaman. Yang yang berbeda untuk setiap halaman dari web.

* Jangan hanya menggunakan kata kunci saja. Gunakan kata kunci utama secara alami dan membentuk suatu kalimat.

* Jika mesin pencari mengindek nya, mereka tidak mengabaikan nya. Sehingga meta description berarti untuk Mesin pencari.

Juni 7, 2009 - Posted by | SEO |

6 Komentar »

  1. tetep bingung saya tentang meta
    mungkin pilih yang gampang aja ya

    Komentar oleh Stop Dreaming Start Action | Juni 29, 2009

  2. wah makasih ilmunya,pantes ada blog saya yg nda pernah di halaman 1 google,nanti dicoba…

    Komentar oleh hamung | Juli 5, 2009

  3. Salam kenal!

    Makasih. Infonya bermanfaat banget

    Komentar oleh celetukansegar | Juli 16, 2009

  4. Terima kasih atas penjelasannya,mengingat blog saya susah terindex oleh mesin pencari.Apalagi,banyak orang berbeda pendapat ttg penting tidaknya meta description,padahal google sendiri menyarankan pentingnya meta description daripada meta keyword di dokumen pdf google.Salam..

    Komentar oleh nizam | Agustus 5, 2009

  5. […] Meta description bukan hal ajaib yang akan menempatkan web kita di puncak search engine. Tetapi, jika anda sudah pernah perkataan konsultan SEO bahwa  meta description tidak berarti untuk mesin pencari, kini waktunya untuk mempertimbangkan lagi. Bila mereka berkata bahwa Google dengan sepenuhnya mengabaikan etiket itu. Hal tersebut tidak seluruhnya benar. […]

    Ping balik oleh Cara Menulis Meta Description Supaya Terindex di Google | Belajar Ngeblog | Januari 4, 2010

  6. gimana yahh cara menaruh meta description di blog wordpress.com??

    Komentar oleh luckykey | Juli 26, 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: