Belajar Ngeblog

Belajar bersama membuat blog

Membikin Daftar Isi Blog Di WordPress Secara Otomatis

Bila kita membikin daftar isi dari blog kita secara manual tentunya akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan cukup menguras energi. Di sini kita akan membikin Daftar Isi Blog secara otomatis yaitu dengan menggunakan shortcode. Shortcode ini bisa kita taruh di tempat yang kita inginkan, seperti di posting, di halaman / pages atau di sidebar.

Caranya tentu saja sangat mudah.  Bikin posting baru atau halaman baru kemudian pilih mode html copy dan paste shortcode di bawah ini di halaman tersebut. Jangan lupa tanda tanyanya  (?) dihapus bila sudah kita paste di halaman dengan mode html.

Shortcode nya :

[?archives]

Setelah selesai, klik tombol ‘Publish’.  Gampang banget kan?

Untuk membuat daftar isi blog dengan menu dropdown :

[?archives format=option]

Contoh shortcode yang lain :

  1. Menampilkan arsip 12 bulan terakhir:
    [?archives limit=12]
  2. Menampilkan arsip 12 bulan terakhir dengan menampilkan jumlah arsip:
    [?archives limit=12 showcount=true]
  3. Menampilkan arsip 18 hari terakhir:
    [?archives limit=18]
  4. Menampilkan arsip 32 posting terakhir:
    [?archives limit=32]
  5. Menampilkan arsip 3 minggu terakhir:
    [?archives limit=3]
  6. Menampilkan arsip 12 bulan terakhir dalam bentuk menudropdown disertai tampilan jumlah arsip:
    [?archives format=option limit=12 showcount=true]
  7. Menampilkan arsip 17 minggu disertai tampilan sebelum dan sesudah text:
    [?archives limit=17 before=’ lama ‘ after=’ baru ‘]

Januari 3, 2010 - Posted by | Belajar Wordpress | , , ,

15 Komentar »

  1. untuk wordpress self host apa wordpress.com?

    Komentar oleh andi sakab | Januari 3, 2010

  2. info bagus mas, trims

    Komentar oleh rsigit | Januari 4, 2010

  3. Ini untuk wordpress.com deh kayaknya. Tapi terimakasih. Informasi pada artikel ini sangat penting.

    Komentar oleh David | Januari 4, 2010

  4. Terima kasih infonya mas

    Komentar oleh ibnusyahreza | Januari 4, 2010

  5. thx ifonya gan

    Komentar oleh nurrahman18 | Januari 4, 2010

  6. Eh, kok aku belum paham ya. Tapi ma kasih infonya, kunjungi blogku jendelakatatiti.wordpress.com Thanks!

    Komentar oleh jendelakatatiti | Januari 4, 2010

  7. mas kurang ngerti tu mak lum baru belajar
    ada ngak buku tentang dunia maya ni yang belajar nya dari dasar makasih atas info nya sebelum nya
    kirim kan ya ke E-mail Boleh pagiindahsekali@yahoo.com

    Komentar oleh muhammaddiat | Januari 4, 2010

  8. Terimakasih infonya.

    Komentar oleh abukhodijah | Januari 9, 2010

  9. mantap infonya… perlu untuk blogger amatiran seperti saya…

    Komentar oleh wardoyo | Januari 18, 2010

  10. wah sip bagus mas… uda ta pasang niii

    Komentar oleh simblaus | Februari 18, 2010

  11. Kalo untuk menulis tentang diri saya dhalaman depan gmana caranya boss?

    Komentar oleh familiacell | Maret 14, 2010

  12. info okee mas…
    trimakasih

    Komentar oleh beureuneun | Maret 31, 2010

  13. Nanti akan saya coba. Jgn lupa ya teman2 kunjungi juga blogku. Kasih kritik atau saran untuk perbaikan dimasa datang cos’ aku baru belajar menulis di blog

    Komentar oleh Ifan Jayadi | April 8, 2010

  14. makasi infonya mas.. sangat simpel dan mudah dimengerti…

    Komentar oleh Saud Daniel | April 12, 2010

  15. makasih infonya,akan saya coba klo sdh banyak postingan tentunya.

    Komentar oleh ndayani | Oktober 6, 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: